Cara Agar Aktivitas Blogging Tidak Membosankan

Cara Agar Aktivitas Blogging Tidak Membosankan
Segala aktivitas (termasuk blogging) yang dilakukan dalam keadaan terpaksa terkadang membosankan. Menjalaninya saja tidak menyenangkan, belum lagi bila kegiatannya monoton alias itu-itu aja, udah pasti mematikan krativitas.

Sebenarnya blogging juga seperti itu, terkadang membosankan, apalagi niche yang dipilih tidak sesuai dengan passion. Udah pasti menjalaninya tidak bergairah dan blog bagaikan masuk angin.

Berikut ini akan saya ulas cara agar aktivitas blogging tidak membosankan, dan tentunya dari sudut pandang blogger pemula yang minim pengatahuan seperti saya.

Cara #1. Fokus pada passion yang Kita Miliki

Terkadang, menjalani aktivitas blogging juga perlu disesuaikan dengan minat, keahlian dan pengetahuan yang kita miliki tentang topik blog kita. bila Anda ingin blog menjadi masa depan, tentu kita wajib membuat blog benar-benar hidup dan penuh warna.

Pastikan topik blog benar-benar kita kuasai, agar dalam mengisinya kita tidak kehabisan ide. Contoh, buat topik berdasarkan hobi, olahraga Sepakbola, maka buatlah tentang sepak bola, baik dari club favorit, pemain hingga liga dan negaranya.

Setelah dapat ide, buatlah konten yang benar-benar berkaitan dengan topik tadi, dan jangan melebar ke topik yang lain. Tujuannya agar fokus perhatian kita tidak terbagi.

Cara #2. Tulislah Konten Sendiri

Agar blogging makin asik dan menantang, maka cara terbaik adalah dengan menulis sendiri artikel yang ada dalam blog kita. Cara ini dilakukan agar pengunjung yang mengomentari dan bertanya dapat kita handle tanpa kesulitan berarti.

Tulislah sesuai gaya, pengetahuan dan kemampuan kita sendiri dalam menguraikan artikelnya, jangan pernah dipaksakan hingga 500 kata. Jika memang temanya sulit, maka 300 yang ulasannya komplit kata akan jauh lebih baik dibanding 500 kata yang bahasanya banyak ngawur.

Cara #3. Lakukan dengan Iklas

Untuk blogging kita kudu iklas gan, sebab jika kita mengharapkan pamrih maka kita mudah sekali layu semangatnya. Jika harapan belum terpenuhi, motivasi blogging akan terjun bebas dan blog mati suri.

Selain kerja keras, kita juga wajib iklas keras, agar vibrasi antara passion dan hasil blogging benar tercermin dari konten yang kita publish. Upayakan untuk membuat blog yang atraktif dan proaktif, jangan cuma menunggu.

Cara #4. Lakukan Riset kata kunci

Agar artikel mampu bersaing dan ramai dikunjungi, sebaiknya lakukan riset keyword. Tujuannya agar posting lebih terarah dan menjaring lebih banyak pengunjung dari mesin pencari.

Keyword yang sama persis atau mirip jauh lebih baik dari pada coba-coba topik baru yang belum tentu jelas tujuannya.

Cara #5. Jangan berhenti Belajar

Dunia blogging selalu dinamis dan penuh perubahan, jadi jangan pernah berhenti belajar untuk menggali ilmu baru. Jika sudah dapat, jangan lupa bagikan kepada pemirsa Anda.

Ingat, semakin sering berbagi, maka Ilmu akan semakin bertambah banyak dan kemampuan ikut meningkat. Belajarlah dari segala hal, dari mana saja dan dari siapa saja, sebab kita tidak pernah tahu kapan waktu kesuksesan akan menghampiri kita.

Cara #6. Jangan Fokus pada SEO

Belajar tentang SEO penting untuk mendongkrak posisi artikel di SERP, akan tetapi menghabiskan waktu untuk mempelajari SEO yang selalu berubah hanya akan menghabiskan waktu.

Lebih baik fokus pada konten, SEO cukup kuasai dasarnya saja seperti teknik backlink building, internal link, optimasi on page, dan rajin blogwalking. Ingat, semakin banyak konten berkualitas semakin besar peluang blog untuk sukses dan banjir pemirsa.

Oke, demikian sharing kali ini, semoga bermanfaat untuk menambah semangat Anda dalam menjalani blogging. Salam!

Share this

Related Posts

First