Mau Trip Ke Pontianak, Kenali Dulu Karakteristiknya Berikut Ini

Apakah Anda pernah berkunjung atau berwisata ke Pontianak? Atau dalam waktu dekat, Anda ingin berwisata bersama keluarga di Pontianak? Atau Anda ingin melihat kemeriahan perayaan ulang tahun kota pontianak yang ke 245 pada bulan Oktober ini?

Ya, tentu Anda sudah harus cari tahu dulu seluk beluk tempat yang akan Anda datangi, mulai dari hunting tempat wisata menarik, target tempat yang akan di datangi hingga persiapan pendanaannya.

Pontianak dapat dikatakan sebagai kota yang sudah maju. Baik dari sisi peradaban, pembangunan, serta kemajuan usaha. Hal ini dibuktikan dibukanya Ayani Mega Mall (mall terbesar di Pontianak), sejumlah hotel berbintang seperti Mercure, Mahkota, Kapuas Palace, Orchart dan lainnya.

Melihat pembangunan infrastuktur yang kita memadai di Pontianak, makanya layak jika kita menyebut Pontianak kota wisata paling menarik di Indonesia, terlebih pada bulan oktober ini akan merayakan hari jadi yang ke 245.

Diusia yang terbilang tua ini (lebih dari 2 abad) Pontianak tentunya terus berbenah, baik dari sisi pelayanan publik, fasilitas penunjang, infrastruktur, hingga tempat wisata yang tentunya bisa memanjakan wisatawan domestik maupun manca negara.

Tempat Wisata Menarik di Pontianak yang bisa Anda kunjungi:

  1. Taman Alun Kapuas & Kapan Galaherang
  2. Tugu Khatulistiwa Pontianak
  3. Rumah Radakng & Rumah Melayu Pontianak
  4. Rumah Betang
  5. Sentra Aloevera (Lidah Buaya) & Taman Anggrek
  6. Sentra Oleh-oleh Khas Kalbar (Pontianak) di Lapangan Kebun Sajoek
  7. Museum Daerah Kalbar di Jalan A Yani
  8. Keraton Kadriah Pontianak

Infrastruktur Pendukung

  1. Hotel (Penginapan), Spa, Mall & Pusat Perbelanjaan
  2. Transportasi Bebas Macet
  3. Pasar Tradisonal di Kota Pontianak dan sekitarnya
  4. Wisata Kuliner & Wisata Malam di Pusat Kota (Jalan Gajah Mada)

Wisata Alam Terdekat dari Kota Pontianak

  1. Pantai Pasir Panjang Singkawang
  2. Pulau Simping
  3. Pulau Temajok
  4. Pulau Randayan
  5. Sinka Island
  6. Tanjung Bajau
Ada banyak hal menarik yang saya amati di Pontianak, terlebih geliat startup yang mulai menunjukan eksistensinya. Belum lagi banyaknya pengusaha muda yang juga ikut meramaikan dunia usaha di Pontianak. Namun hal ini tidak bisa kita lepaskan dari pengembangan sumber saya manusia yang semakin hari semakin baik.

Namun mengenal Pontianak memang tak bisa lepas dari sejarahnya yang sudah melekat secara luas yaitu sebagai kota hantu. Namun stigma mistis yang menyeramkan ini perlahan pudar seiring perkembangan zaman.

Diera ledakan sosial media, malahan hantu yang takut sama manusia, bener nggak sih?
Kini, dengan kemajuan yang semakin pesat tentu perlahan stigma yang dulunya mistis perlahan memudar dan yang pasti Pontianak menjadi kota yang ramah untuk hunian dan investasi serta tempat berwisata.

Bagi Anda (pembaca) yang sudah pernah ke Pontianak atau mungkin saat ini ada di Pontianak, atau bahkan tinggal di Pontianak, pasti kota ini menyimpan sejuta kenangan, seperti syair lagu Aek Kapuas: Sungai Kapuas Punye Cerite, Bile Kite Minom Aeknya, biarpon pergi jaoh kemana, pasti susah nak melupakannye...

Kota pontianak juga memiliki keberagaman suku, budaya, bahasa dan kultur masyarakatnya namun bisa membaur dan menyatu dalam keberagaman.

Salam!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »