Trik Sederhana Blogging bagi Pemula Agar Tetap Semangat

Trik Sederhana Blogging bagi Pemula Agar Tetap Semangat
Banyak pemula blogging mengatakan bahwa SEO itu sulit, karena cakupannya luas dan topik menyeluruh dan selalu dinamis (berubah dari waktu kewaktu). Akibatnya banyak pemula yang jatuh ditengah jalan sebelum mehami SEO secara cermat.

Padahal, inti dari Seo adalah kecermatan melihat peluang dan strategi meraih pengunjung untuk blog dan strategi promosi gratis dengan hasil premium.

Jadi jika dibahas dengan kepala panas, ngomongin soal SEO memang nggak ada habisnya, karena selain cakupannya luas yang mengulas juga semakin banyak, sehingga tidak jarang membuat kita bingung dan pusing.

Alih-alih membangun konten dan blog yang berkualitas, waktu dan perhatian kita banyak tersedot di optimasi SEO yang tiada hasil.

Sekarang mati kita tinggalkan itu semua, saatnya fokus pada kualitas konten dan sedikit trik SEO agar konten yang kita tulis tetap terindeks mesin pencari dan mampu bersaing di SERP. 

Karena menurut hemat saya, semua yang kita inginkan (mendatangkan pengunjung ke blog) adalah tentang bagaimana cara mendatangkan pengunjung dan membuat mereka merasa betah dan ingin kembali lagi.

Nah, mari kita simak 4 trik sederhana dalam memahami blogging bagi pemula agar tetap semangat.

Trik #1. Buat Konten dengan Keyword Panjang Minimal 4 Kata

Katakanlah kita sedang membahas SEO On Page, ingin nembak kata kunci (keyword) tertentu. Upayakan minimal 4 kata dan lihat yang persaingannya yang tidak terlalu tinggi.

Meskipun yang mencari (pencarian di mesin pencari) tidak sampai jutaan pembaca, namun jika jumlah artikelnya mencapai 100, wah sudah pasti blog akan semakin rame.

Itu sama artinya kita memperbanyak jenis pembahasan dan cakupannya semakin spesifik. Jika rata-rata 100 artikel kita masuk halaman 1 semua, dan mampu menarik pengunjung sekitar 10 orang/hari, berarti kita sudah punya pengunjung 1000/hari dan jika rata-rata pengunjung membaca 3 artikel, maka page view sekitar 3000.

Optimasi yang kita lakukan hanya pada Permalink URL, Optimasi Judul, Gambar dan sedikit Backlink. Wah konten sudah bisa muncul ke permukaan tuh, hanya dalam hitungan hari. Nggak usah ribet mikirin yang lain dulu deh, fokus on target aja.

Saya rasa pembaca yang mencari tentang topik SEO semakin banyak sekarang ini, tinggal pandai-pandai saja melihat peluang dan lakukan riset keyword. Keyword dengan jumlah kata lebih dari 3 lebih tertarget dan mudah untuk dimenangkan kok dibanding yang dengan kurang dari 3 kata.

Ingatlah selalu bahwa Konten bukan bagian dari SEO, jadi tulislah konten yang benar-benar berbobot agar bisa membantu pengunjung.

Trik #2. Tentukan Target Pengunjung

Aspek selanjutnya yang jangan sampai Anda lewatkan adalah target pengunjung. Karena pikiran yang banyak cabang justru membuat kita sulit berkembang. Saran terbaik adalah lebih fokus pada target, tekuni dan lakukan terus menerus.

Jika struktur template blog Anda sudah dirasa cukup, stop jangan lagi diotak atik, karena akan menghabiskan banyak waktu disana. Akan jauh lebih baik jika fokuskan pikiran Anda pada konten dan sedikit optimasi pada gambar dan judul. 

Ingat, tentukan target terlebih dahulu, kemudian laksanakan sesuai yang telah Anda rencanakan. Misalnya Anda ingin fokus mengulas tentang Cara Merebut Halaman Pertama Google, rencanakan posting 1 artikel sehari dengan kata kunci panjang (4 kata).

Maka laksanakanlah secara konsisten dan berkelanjutan, dan jangan pikirkan berapa banyak pengunjung yang akan datang setelah posting. Namun perhatikan hasilnya dalam 1 bulan atau 2 bulan ke depan.

Targetkan pengunjung Anda akan bertambah dalam 6 bulan, minimal 500 Pengunjung dalam 6 bulan untuk blog Baru.

Trik #3. Ulasan Tema Blog yang Lebih Spesifik

Tema yang lebih spesifik dapat membuat kita lebih mudah berpikir untuk update konten secara konsisten. Mulailah dari hal yang paling sederhana, dan uraikan semampu Anda, jangan paksakan diri sehingga artikel tidak melenceng.

Jika tidak mampu menulis panjang, tulislah minimal 300 kata, dan bagi ke dalam beberapa bagian yang saling terkait satu sama lain. Selain tidak memberatkan, cara ini termasuk dalam strategi menarik pengunjung untuk bertahan lama di blog dan menurunkan bounce rate.

Trik #4. Pastikan Anda Konsisten


Untuk dapat meraih kesuksesan, kita wajib konsisten dan tekun dalam menjalani apa yang kita tekuni, termasuk blogging. Jadi jika ingin sukses mengelola blog, bersikaplah konsisten, terutama daalam hal posting.


Mengapa konsisten penting? Ya, secara kasat mata konsistensi menjadi pamicu semangat untuk blogging. Jika semangat menipis, bukan tidak mungkin sebelum target tercapai aktivitas blogging sudah stop atau drop out.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »