Apa itu Blog? “Pertanyaan Paling Awam tentang Blogging”

Apa itu Blog? “Pertanyaan Paling Awam tentang Blogging”
Image search by google.com
Ya, pertanyaan tentang “Apa itu blog?” merupakan yang paling awam ketika seseorang, termasuk saya ketika pertama kali mengenal blog. Bagaimana dengan Anda ketika pertama kali mengenal dan awam tentang blog?

Salah seorang teman saya juga pernah menanyakan hal ini kepada saya tentang apa itu blog? dan saya hanya mampu menjawan seadanya, tentunya semampu saya. Dari pada ngawur menjelaskannya maka untuk menjawab pertanyaan “Apa itu Blog?” yang paling sederhana adalah blog adalah sebuah website sederhana.

Pengertian Blog

Berdasarkan penelusuran pada Mbah Google, Blog merupakan website sederhana yang tergabung dalam sebuah website. Analoginya kira-kira begini, Jika dalam sebuah rumah terdapat sekat/ruangan, atau kamar, nah demikian halnya dengan blog yang merupakan bagian dari website.

Jika diibaratkan rumah itu adalah website, maka sebuah ruangan didalamnya itu adalah blog. Sehingga blog itu sudah pasti website yang komponennya sederhana, sedangkan website belum tentu blog. Sederhananya, blog menumpang pada sebuah website, baik domain maupun hostingnya.

Contoh kongkritnya begini, Google merupakan sebuah website, dan blogger adalah bagian (ruangan) dari website google.

Sekarang apakah sudah terjawab rasa penasaran Anda tentang “Apa itu blog?”, saya yakin sudah terjawab. Baca juga: Cara Sederhana Agar Aktivitas Blogging tidak Membosankan.

Jenis dan Kategori Blog

Mengenai jenis blog, saat ini yang admin ketahui terdapat 3 jenis blog yaitu: (1) Blog Otoritas, (2). Blog Personal Gado-gado, (3). Blog Niche. Untuk penjelasan ketiganya, akan saya bahas pada edisi selanjutnya. Ditunggu saja edisi berikutnya ya!

Sedangkan berdasarkan kategorinya hostingnya, blog terbagi lagi kedalam dua bagian yaitu Blog dengan Self Hosting (Wordpress.org) dan Blog yang Hostingnya menumpang pada website lain seperti Blogger.com, Wordpress.com, Blogdetik, dan lainnya. Nama lainnya juga sering disebut Web 2.0 Properties.

Untuk blog jenis kedua ini Domainnya bisa dicustom menjadi TLD (Top Level Domain) agar terlihat lebih profesional. Untuk blog self hosting, selain diperlukan Domain, juga mewajibkan blogger menyewa hosting untuk penyimpanan filenya.

Kesimpulan

Nah, sekarang jika Anda sudah membaca postingan ini diharapkan Anda sudah memahami apa itu blog. Blog adalah website, sedangkan website belum tentu blog.


Demikian penjelasan yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan membantu Anda dalama memahami website dan blog. Simak juga: Blogging itu Asyik Lho!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
December 15, 2015 at 3:44 AM delete

muantab tuh udah tampilannya. tinggal perbanyak posting dan optimasi, setelah itu siap-siap beli domain baru daftarkan di GA niel.

Reply
avatar
December 15, 2015 at 5:03 PM delete

makasih ats suppordnya bang...mudah2an lancar kali ini, amin

Reply
avatar